Minggu, 05 Februari 2012

Forum dan Komunitas Linux Debian di Indonesia

Komunitas Linux Debian Indonesia
Forum dan Komunitas Linux Debian di Indonesia - Linux dikendalikan oleh pengembang dan komunitas penggunanya. Beberapa vendor mengembangkan dan mendanai distribusi mereka sendiri dengan dasar kesukarelaan. Linux Debian merupakan contoh yang bagus. Yang lain memiliki versi komunitas dari versi komersialnya seperti yang Red Hat lakukan dengan Fedora.

Di banyak kota dan wilayah, asosiasi lokal yang dikenal dengan nama Kelompok Pengguna Linux (Linux Users Group atau LUG) mempromosikan Linux dengan mengadakan pertemuan, demonstrasi, pelatihan, dukungan teknis dan instalasi sistem operasi Linux secara gratis. Ada banyak juga komunitas Internet yang menyediakan dukungan terhadap pengembang dan pengguna Linux. Banyak proyek distribusi dan perangkat lunak sumber terbuka yang memiliki ruang percakapan IRC atau newsgroup. Forum daring merupakan bentuk lain untuk mendapatkan dukungan, contoh: LinuxQuestions.org dan forum Gentoo. Distribusi Linux memiliki milis dengan pembagian topik seperti penggunaan atau pengembangan.

Ada beberapa situs web teknologi yang berfokuskan kepada Linux. Linux Weekly News adalah sebuah cernaan mingguan dari berita-berita yang berkaitan dengan Linux. Sementara itu Linux Journal merupakan majalah Linux daring yang dirilis setiap bulan. Slashdot adalah situs web berita yang berhubungan dengan teknologi yang memiliki banyak berita tentang Linux dan perangkat lunak bebas. Groklaw memiliki berita mendalam tentang kemajuan Linux dan memiliki banyak artikel yang berhubungan dengan kernel Linux serta hubungannya dengan GNU dalam proyek GNU. Majalah Linux cetakan umumnya memiliki cakram sampul yang memuat perangkat lunak atau bahkan distribusi Linux lengkap.

Walaupun Linux secara umum tersedia secara gratis, beberapa perusahaan besar menjalani model bisnis yang terdiri dari penjualan, dukungan dan kontribusi terhadap Linux dan perangkat lunak bebas seperi Dell, IBM, HP, Sun Microsystems, Novell, dan Red Hat. Lisensi perangkat lunak bebas yang digunakan Linux secara eksplisit mengakomodasi komersialisasi. Hubungan antara Linux dan vendor-vendor individual dapat dilihat sebagai suatu simbiosis. Satu model bisnis yang umum dari pemasok komersial yaitu dengan mengenakan biaya atas dukungan khususnya terhadap pengguna-pengguna di kalangan bisnis. Sejumlah perusahaan menawarkan versi bisnis dari distribusi Linux mereka, antara lain berupa dukungan atas paket-paket tak bebas dan alat bantu untuk mengatur sejumlah besar instalasi atau untuk memudahkan tugas-tugas administratif. Model bisnis yang lain adalah dengan memberikan perangkat lunak secara gratis untuk penjualan perangkat keras.

Sama seperti komunitas lainnya, di Indonesia perkembangan Linux Debian berawal dari dunia kampus dengan Memanfaatkan jaringan internal kampus, rasa kepedulian, kebutuhan, sukarela dan semangat yang ada tumbuh pengguna dan komunitas Linux Debian Indonesia. Tidak hanya itu, untuk mendistribusikan paket-paket terbaru, di komunitas Debian Indonesia berinisiatif menyediakan mirror untuk pengguna Debian yang berada di Indonesia. Tujuan utamanya adalah mempercepat akses dan menghemat bandwith. Komunitas Debian Indonesia banyak yang berkomunikasi melalui milis debid@yahoogroups.com atau debian-user-indonesian@lists.debian.org, http://www.debian-id.org, http://www.debian.org. Bagi anda yang ingin lebih jauh mengetahui dunia Linux khususnya Linux Debian, anda dapat bergabung mencari informasi, belajar dan sharing ilmu disana.

41 komentar:

Selamat siang ...Perkenalkan nama saya leti saya mau bertanya mohon bantuannya tentang cara instal LAMP di debian squeeze....soalnya saya sudah mencoba dengan perintah apt-get tapi gagal...Terimakasih

Mbak Leti, LAMP itu kan bundle... bagaimana jika installnya begini saja :

apt-get install apache2 php5 mysql-server

CMIIW

Boleh saya tau, letak gagalnya dimana ? mungkin ada muncul pesan error mbak ? kira2 seperti apa pesannya ???

maaf mau tanya game online untuk debian 6 apa.? soalnya saya dapat tugas buat remastering debian thank

alien-arena
Standalone 3D first person online deathmatch shooter

punya link buat downloadnya tidak, mohon bantuannya terima kasih

udah saya coba tapi gagal terus,,,kemarin saya download lampas dalam instalnyapun kesulitan....kesimpulannya saya mau bikin wodrprees offline di debian tapi harus instal lamp nya dulu,,nah kamai kesulitan dalam hal itu.....makasih

untuk edukasi kampus di debian selain pemrograman C++ itu apa saja??
Tolong dibantu ya.. Terima kasih..

salam kenal sobat linuxer.......
sy baru dalam menggunakan linux... ada permasalahan saat install VGA SOUND LAN Card dan wifi,,,spek notbuk sy Intel Atom N455, gimana ya caranya... mohon pencerahannya bagi sobat linuxer di tanah air tercinta, demi jayanya linux.

wassalam
irwan

halllo................

Jawabannya mana sih???
Pencerahan linux untuk para master linux....
Plissss

Tks

mau tanya,
DNS WEB SERVER APACHE2 sudah jalan semua..

tapi pas saya masukkan file index.php saya kok ada masalah ya??
masalahnya kenapa kok gambar2 yang pada index.php saya tidak muncul pada browser di debian yah??
yang muncul hnya semua tulisan2 yang ada di index.php saya.

tolong para master...
saya sangat mengharap bantuan nya..

thanks...

suksees bwt komunitas debiann

saya baru dalam menggunakan linux,minta bantuannya tentang tutorial koneksi server debian dengan modem,sekalian ftp dengan fitur chrootjail nya.terima kasih

@lenula simple mbak ente download bundle nya xampp untuk linux namanya lamp ke http://www.apachefriends.org/en/xampp-linux.html install dah, pasti ngerti lah installnya..

@ALL ada yg maen php cli ga?

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

selamat malam ...
numpang tanya nie mas admin ..
kalau error seperti ini "SIOCGMIIPHY on 'eth0' failed: Operation not supported" pada debian..
solusinya gimana yah...

terima kasih sebelumnya.

ni lepi ku mau ku instal linux Debian 5,, Tapi mau tekan instal lasung lepinya mati.......
spek lepi .. ACER E1 -431 dualcore.....
knp kok gaisa.. tolng batuan nya agan agan...

download aja di website terus extrak di directory /opt/
saya lancar2 aja tuh

bang mau tanya nih, kan ane install debian tpi pas install grub bootloader nya gagal, knapa yak?

Tolong aq dunx bagai mana configuration email backend to mysql,,,

hai mas bro tolong ane kalau revositori vpn pada debian 5 ada p[d cd berapa dan cara installnya gmn

buat sob yg labih tau dari sy,,,mohon pencerahannya,,,
"sy udah coba buat mta qmail di debian 6 squeeze,,,untuk telnet paket terminal udah berhasill,,,,yg jadi masalah malahan,,ingin buat webmailx pake squirrelmail,,,gaq bisa2,,,,"

gan ada gathering di surabaya gak aku mau coba debian nech sekalian tanyak2

gan saya mengkonfigurasi web server dan mail server pada debian 5,
saya memasukan perintah apt-get install apache2 php5 postfi x courier-imap
courier-pop squirrelmail. kemudian muncul teks seperti ini :note, selecting apache2-mpm-prefork instead of apache2 debian atau gambarnya bisa dilihat disini http://www.kaskus.co.id/post/517e7d1a8327cf270b000016/1#post517e7d1a8327cf270b000016.
mohon solusinya agan?… thank

forum http://www.debian-id.org/ mati y situsnya...????

kak tolong ajarin relay e-mail local debian ke e-mail publik ? kami kesulitan dalam mencari tutorial yang valid

Kawan2 ada yg pernah buat server sso gak di debian??

informasinya sangat berguna gan,
untuk kamu yg mau tau lebih banyak soal linux, bisa dapetin informasi lengkapnya di https://www.facebook.com/itgroupindonesia/

training linux dan training online redhat terupdate lets join with us

misi, numpang tanya.. ada yang tau perusahaan yang menggunakan debian?

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

misi mau nanya di ifconfig saya ter dapat errors:0

Gan bagaimana solusinya agar saya bisa menggunakan aplikasi KISMET dan Aplikasi SNORBY Di UBUNTU?

halo, bolehkah saya dapet informasi tentang anti virus untuk Debian ver 6 , khusus untuk server, terimakasih

Salam kenal sobat linux, sy tertarik berkumpul di komunitas ini, sy lebih suka linux suse

assalamualaikum wrwb..saya pemula..curhat dan mohon solusinya..sya install linux 8.7 di virtual, karena tujuannya berbasis gui maka saya pake graficall install..tetapi hasilnya gone wrong ketika sudah selesai instalasi...kira2 kesalahannya apa ya???...... padahal saya sdh sesuai dengan langkah2 yang diberikan...untuk laptop pake core i3 2gh, windows 10 4 gb,64 bits..terimakasih atas pencerahannya

Malam min. Kemarin saya buat proxy server pakai Debian dengan virtual,tapi saat saya menghubungkan dari virtual ke laptop kenapa tidak bisa ya,proxynya juga tidak jalan? Padahal semua langkah udah saya ikuti. Mohon bantuannya admin.

Saya Aris, Mau tanya Linux yang bagus untuk Server Active Directory ?

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More